ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA UMKM DI KOTA BANDUNG

Penulis

  • Daniel Yoga Pratama Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Krisna Nainggolan Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Gunardi Gunardi Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Hendriady de Keizer Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Kunto Ajibroto Politeknik Pajajaran ICB Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/jimia.v18i1.767

Kata Kunci:

UMKM; Modal Kerja; Penggunaan Dana

Abstrak

Dalam menghadapi tantangan era globalisasi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKop-UKM) menyoroti persaingan pasar yang semakin meningkat antara perbelanjaan tradisional dan platform belanja online serta e-commerce. Ancaman terhadap perlindungan pasar digital domestik, terutama di sektor konsumsi harian dan daya saing UMKM, menjadi perhatian utama (Kompas.com: 2023). Meskipun pertumbuhan ekonomi di sektor UMKM diinginkan, kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan sumber permodalan, dengan banyak pelaku UMKM kesulitan mendapatkan tambahan modal. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM di Indonesia (74%) tidak memiliki akses terhadap pembiayaan (onlinepajak.com: 2023).   Pemangku kepentingan terkait UMKM, seperti Ikatan Akuntan Indonesia, merespon dengan menciptakan standar akuntansi keuangan EMKM yang berlaku sejak Januari 2018. Di sisi lain, beberapa inisiatif kreatif, seperti program "Little Bandung" di Kota Bandung, didukung oleh pemerintah setempat untuk membangun citra UMKM lokal di luar negeri (Kompas.com: 2016).   UMKM membutuhkan modal kerja untuk menjalankan operasional sehari-hari, dan efisiensi operasional menjadi kunci untuk mencapai tujuan keuntungan yang optimal. Pengendalian internal perusahaan menjadi faktor penting dalam memastikan efektivitas dan efisiensi penggunaan modal kerja. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat permasalahan tentang efektivitas penggunaan modal kerja UMKM di Kota Bandung, dengan fokus pada kontribusi sistem pengelolaan internal terhadap efisiensi penggunaan modal kerja.   Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana UMKM di Kota Bandung dapat memanfaatkan modal kerjanya secara efektif, mengidentifikasi dampak pengendalian internal terhadap pengelolaan modal kerja, serta menganalisis efektivitas pengendalian internal dan pengelolaan usaha. Melalui analisis penggunaan modal kerja, penelitian ini juga berusaha mengidentifikasi potensi keterbatasan atau kekurangan dalam sistem pengendalian internal yang mungkin mempengaruhi efektivitas penggunaan modal kerja.  

Referensi

Badriah, L. and Avianti, W. (2023) ‘The Financial Analisis Efektifitas Pengelolaan Modal Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan Pada RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta’, Eqien - Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(02), pp. 157–168. Available at: https://doi.org/10.34308/eqien.v12i02.1434.

Jauhari, R. and Ridwan (2017) ‘Efisiensi Dan Efektivitas Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Syariah Di Kota Banda Aceh Tahun 2011-2015’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 2(3), pp. 168–179. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/202219-efisiensi-dan-efektivitas-penggunaan-mod.pdf.

Munandar, A., Nurul Huda and Mohamad Vebby Arirangga (2019) ‘Efisiensi Penggunaan Modal Kerja pada PT. Holcim Tbk’, Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(1), pp. 89–98.

Purwanto, E.A. and Sulistyastuti, D.R. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah sosial. 2nd edn. Yogyakarta: Gava Media.

Riyanto, B. (2008) Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta.

Situmorang, B. and Megalia (2021) ‘Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Penggunaan Modal Kerja Pada Perusahaan Sub-Sektor Aneka Industri Elektronika Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Pada Periode 2017-2019’, Realible Accounting Journal, 1(1), pp. 10–19. Available at: https://doi.org/10.36352/raj.v1i1.131.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Pendidikan?: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suryanto, D. (2020) ‘Analisis Pengaruh Efisiensi dan Efektivitas Penggunaan Modal Kerja Perusahaan terhadap Peningkatan Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)’, JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), 5(01), pp. 22–35. Available at: https://doi.org/10.36665/jusie.v5i01.227.

Wibowo, A. and Wartini, S. (2012) ‘Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei’, Jdm, 3(1), pp. 49–58. Available at: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-15