PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT SUPRA GADING RAYA MONEY CHANGER JAKARTA

Authors

  • Meita Pragiwani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Ramdhan Akbar Lukito Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Aden Apandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Farmansyah Maliki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56244/jimia.v17i2.746

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Komunikasi, Kepuasan Nasabah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh dari kualitas pelayanan, harga, dan komunikasi terhadap kepuasan nasabah pada PT Supra Gading Raya Money Changer Jakarta. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner, yang diukur menggunakan skala likert. Populasi adalah nasabah PT Supra Gading Raya Money Changer Jakarta tahun 2022 sebanyak 257 nasabah. Penentuan jumlah sampel dipergunakan rumus Slovin, sehingga jumlah responden sebanyak 72 nasabah. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi dengan bantuan software SPSS V.26. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. (2) Harga berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. (3) Komunikasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

References

Akhmad Subkhi dan Moh. Jauhar, 2019, Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi, Prestasi Pustaka, Jakarta

Arief Rahman K. 2016, Total Marketing, Kobis, Yogyakarta.

Abdurrahman Fatoni, 2019, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Buchari Alma, 2017, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Batinggi dan Badu, 2017, Manajemen Pelayanan Umum, Yogyakarta, Andi Offset Budiarjo, 20019, Administrasi dan Birokrasi Pemerintah, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Bhote, Keki R., 2015, Beyond Customer Satisfaction to Customer Loyalty: The Key to Greater Profitabilty, New York, AMA Management Briefing.

Dessler, Gary, 2019, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Bahasa Indonesia, Prenhallindo, Jakarta.

Djaslim, Saladin, 2018, Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran, Linda Karya, Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2018. Komunikasi Teori dan Filsafat.: Remaja. Rosdakarya, Bandung

Ferdinand, Augusty, 2017, Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gomes, Faustino Cardoso, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yogyakarta.

Ghozali, 2016, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23.: Badan Penerbit, Semarang.

Haholongan, Rutinaias, 2021, THE INFLUENCE PRICE AND ACCURACY OF DELIVERY ON CUSTOMER SATISFACTION EXPEDITIONARY SERVICES. Jakarta.

Hasibuan, Malayu Sp. 2017. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Jakarta, Bumi Aksara Irawan, Hendy, Juwandy, 2019, Kepuasan Pelayanan Jasa, Erlangga, Jakarta.

J. Supranto, 2017, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta.

Jacobalis, 2017, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gerry Amstrong, 2017, Principles of Marketing, Terj.

Alexander Sindoro, Prenhallindo, Jakarta.

Lupiyoadi, 2017, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat. Jakarta

Latunreng, Wahyuddin, (2016), Sumber Daya Manusia, IPPSDM-WIN, Jakarta.

Lupiyoadi, Ramba, 2017, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat. Jakarta Moenir, 2016, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Maddy, Khairul, 2018, Hakika dan Pengertian Pelayanan Prima, Ghalia Indonesia.

Marwansyah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Alfabeta. Bandung.

Moekiyat, 2018, Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja, Bandung, Pionir Jaya.

Nasution, 2017, Membangun Kepuasan Pelanggan, Gramedia Utama, Jakarta. Pudjiastuti, 2018, Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Djambatan, Jakarta.

Priyatno, 2014, Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS.: Gava Media, Yogyakarta

Pragiwani, Meita, et.al, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Website, Citra Instansi terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Administrasi Hukum Umum Cikini Jakarta (KEMENKUMHAM), Jakarta.

Purnama, 2018, Kualitas Pelayanan, Gunung Agung, Jakarta.

Robbins, Stephen P & Mary Coulter, 2018, Manajemen, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Ruslan, Rosady, 2019, Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ratminto, 2016, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Simamora, Henry, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Susanto, Astrid, Phil, 2018, Dasar-dasar Komunikasi, Jakarta: Gunung Agung.

Suganda, Danu, 2015, Komunikasi dalam Teori, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suprapto dan Fahrianoor, 2015, Dasar- Dasar Manajemen Keuangan (6th ed). UPP STIM YPKN, Yogyakarta.

Sampara, Lukman, 2015, Manajemen Kualitas Pelayanan, Erlangga, Jakarta.

Suryanto, 2018, Analisis Kepuasan Nasabah Bank, Erlangga, Jakarta.

Tjiptono, Fendy, 2019, Kiat-Kiat Pemasaran, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Tarigan, Putu Reina Algista, 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Kita-Kita Tour and Travel), https://repositori.usu.ac.id.

Tjiptono, Fendy, 2019, Kiat-Kiat Pemasaran, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Tjiptono, Fendy, 2018, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang.

Umar, Husein, 2017, Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, Edisi Revisi dan Perluasan, Cetakan IV, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Veithzal Rivai, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Edisi ke-7. Raja Grafindo, Depok.

William J. Stanton, 2018, Prinsip Pemasaran, Eds Ketujuh Jilid 5, Erlangga, Jakarta.

Wiryanto, 2018, Pengantar Ilmu Komunikasi, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Wiratna, 2016, Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Pustaka Baru Press Yogyakarta.

Yuliansyah, Rahmat, 2019, PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GOJEK (Studi Kasus Ini Di Wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara), Jakarta.

Y. Lamarto, 2018, Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Erlangga, Jakarta.

Zulian Yamit, 2018:75, Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa: Ekonisia, Kampus Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-10-15