ETIKA ISLAM DALAM BAURAN PROMOSI
DOI:
https://doi.org/10.56244/jimia.v17i1.690Abstract
Promosi merupakan suatu upaya atau kegiatan dalam mempengaruhi agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau di masa yang akan datang. Akan tetapi, di berbagai kesempatan sering kita menyaksikan sendiri baik langsung maupun melalui media sosial dan masa banyak promosi-promosi yang tidak sesuai dengan aturan syariat islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan memakai  jenis data sekunder serta menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen. Salah satu upaya yang dilakukan produsen atau perusahaan untuk mempromosikan produknya agar dapat diterima, diminati oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan bauran promosi yang sesuai dengan etika islam yaitu : a). Jujur dalam berpromosi, b). Jangan mudah mengobral sumpah dalam berpromosi, c). Menghindari berpromosi palsu dan mudah mengobral janji, d).Teknik promosi Sales force  tidak harus menggunakan daya tarik seksual, daya tarik emosional, dan kesaksian palsu (testimony buatan), e). Tidak merendahkan produk saingannya, f.) Menjaga agar selalu memenuhi akad dan janji serta kesepakatan-kesepakatan di antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual).Downloads
Published
2023-04-15
Issue
Section
Articles