ETIKA ISLAM DALAM BAURAN PROMOSI

Authors

  • Fauzi Caniago Politeknik Pajajaran ICB Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56244/jimia.v17i1.690

Abstract

Promosi merupakan  suatu upaya atau kegiatan dalam mempengaruhi agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau di masa yang akan datang.  Akan tetapi, di berbagai kesempatan sering kita menyaksikan sendiri baik langsung maupun melalui media sosial dan masa banyak  promosi-promosi yang tidak sesuai dengan aturan syariat islam. Jenis penelitian ini adalah  penelitian  deskriptif kualitatif, dengan memakai   jenis data sekunder serta menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen. Salah satu upaya  yang dilakukan produsen atau perusahaan untuk mempromosikan produknya  agar dapat diterima, diminati oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan bauran promosi  yang sesuai dengan etika islam yaitu : a). Jujur dalam berpromosi, b). Jangan mudah mengobral sumpah  dalam berpromosi, c). Menghindari berpromosi palsu dan mudah mengobral janji, d).Teknik promosi  Sales force  tidak harus menggunakan daya tarik seksual, daya  tarik  emosional, dan kesaksian palsu (testimony buatan), e). Tidak merendahkan produk saingannya,  f.) Menjaga agar selalu memenuhi akad dan janji serta kesepakatan-kesepakatan di antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual).

Downloads

Published

2023-04-15