MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENGELOLA LKM

Authors

  • Aji Komarudin
  • Muhammad Ismail
  • Wa Ode Zusnita Muizu

Abstract

Keberadaan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) tidak terlepas dari perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang peranannya sangat besar dalam proses pemulihan ekonomi nasional, baik dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi maupun penyerapan tenaga kerja. Banyak pihak meyakini, LKM sebagai alat pembangunan yang efektif untuk mengentaskan kemiskinan karena layanan keuangan ini memungkinkan orang kecil dan rumah tangga berpenghasilan rendah untuk memanfaatkan peluang ekonomi, membangun aset dan mengurangi kerentanan terhadap turbulensi kekuatan eksternal. LKM menjadi alat yang cukup penting untuk mewujudkan pembangunan dalam tiga hal sekaligus, yaitu: (i) menciptakan lapangan kerja, (ii) meningkatkan pendapatan masyarakat, dan (iii) mengentaskan kemiskinan (Anonim, 2007). Untuk itu, kebutuhan akan Sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam pengelolaan lembaga keuangan mikro (LKM) untuk memaksimalkan peran LKM, menjadi sesuatu hal yang tidak dapat ditawar lagi, mengingat hambatan terbesar dari pengelolaan lembaga keuangan mikro (LKM) adalah terkait dengan aspek sustainabilitas, yang sangat dipengaruhi oleh kapabilitas sumberdaya manusia (SDM) pengelola LKM.

References

Ashari, ―Potensi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Dalam Pembangunan Ekonomi Pedesaan dan Kebijakan Pengembangan‖, http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/ART4-2c.pdf

http: // gustimirah. blogspot. Com /2009/ 12/ potensi – lkm-dalam -pembangunan-ekonomi. html

Rachmat Hendayana dan Sjahrul Bustaman. Fenomena Lembaga Keuangan Mikro Dalam Perspektif Pembangunan Ekonomi Pedesaan melalui http://pse. litbang. deptan. go. id/ind/pdffiles/Semnas4Des07_MP_A_Rachmat.pdf

Sumodiningrat, G. 2003. Peranan Lembaga Keuangan Mikro Dalam Menanggulangi Kemiskinan Terkait Dengan Kebijakan otonomi Daerah. Artikel Th II No 1. Jurnal Ekonomi Pertanian. www.ekonomirakyat.go.id.

Wiloejo Wirjo Wijono. 2005. Pemberdayaan Lembaga Keuangan Mikro Sebagai Salah Satu Pilar Sistem Keuangan Nasional: Upaya Konkrit Memutus Mata Rantai Kemiskinan. Kajian Ekonomi dan Keuangan, Edisis Khusus melalui http://www. fiskal. depkeu. go. id/ webbkf / kajian%5Cwiloejo-1.pdf

http://client.webpacific.com/ybul/images/stories/Paper/asiainvest-proc3.pdf

Zulfikar, Waluyo. "DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIS DALAM PEMBANGUNAN BANDARA UDARA KERTAJATI DI KABUPATEN MAJALENGKA." Sosiohumaniora 19, no. 3 (2017).

Zulfikar, Waluyo. "IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSPOR ROTAN DAN PRODUK ROTAN DI KABUPATEN CIREBON." Sosiohumaniora 14, no. 2 (2012): 167.

Zulfikar, Waluyo. "FORMULASI KEBIJAKAN PENDIRIAN LEMBAGA PERADILAN KHUSUS HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN BEKASI." Creative Research Journal 3, no. 01 (2017): 55-72.

Zulfikar, Waluyo, and Koko Enang. “Hubungan Pusat dan Daerah.†GN Press, 2017.

Rochaeni, Atik, and Waluyo Zulfikar. “Pengelolaan Sampah : Problematika dan Kebijakan.†GN Press, 2017.

Sopandi, Encep, Erna Maulina, Anang Muftiadi, and Waluyo Zulfikar. “Keunggulan Bersaing Kerajinan Bambu.†GN Press, 2017.

Zulfikar, Waluyo. “Implementasi Kebijakan Ekspor Rotan di Kabupaten Cirebon.†Universitas Padjadjaran, 2012.

Rukayat, Yayat. "KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN PASIRJAMBU." Jurnal Ilmiah Magister Administrasi 11, no. 2 (2018).

Rukayat, Yayat. “STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN.†JIMIA 2, no. 5 (2011): 34-49.

Rukayat, Yayat. “MEMUPUK JIWA DAN KOMPETENSI BERWIRASWASTA.†TRANSPARANSI 6, no. 01 (2011): 82-99.

Rukayat, Yayat. “TINJAUAN TERHADAP BIROKRASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI ERA OTONOMI DAERAH.†JIMIA IV, no. 01 (2010): 17-28.

Rukayat, Yayat. “KEPEMIMPINAN DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK.†JIMIA III, No.1 (2009): 25-31.

Sopandi, Encep. "Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010)." manajerial 9, no. 18 (2011): 87-101.

Sopandi, Encep. "Strategy Of Business Development Bamboo Craft (A Study In Pasirjambu Village Pasirjambu District Bandung Regency)." AdBispreneur 2, no. 1 (2017).

Sopandi, Encep. "ANALISIS KEUNIKAN SUMBERDAYA DAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREATIF BAMBU (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat)." Journal of Management and Business Review 14, no. 2 (2017): 176-205.

Rochaeni, Atik. "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Kompetisi." Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 6, no. 12 (2008).

Downloads

Published

2019-04-24