PELAKSANAAN HUMAN RELATION OLEH CAMAT DALAM MENCAPAI SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SINDANG BARANG KABUPATEN CIANJUR

Authors

  • Burhan Nurdin

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Pelaksanaan Human Relations oleh Camat Sebagai Salah Satu Upaya Mencapai Semangat Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Sindang Barang Kabupaten Cianjur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang obyektif mengenai pelaksanaan human relations yang dilakukan oleh camat sebagai salah satu upaya untuk mencapai semangat kerja pegawai. Disamping itu, untuk mengetahui faktor-faktor hambatan yang dihadapi oleh Camat dalam pelaksanaan human relations, serta upaya-upaya apa yang dilakukan oleh Camat untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dalam pencapaian semangat kerja. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Jika pelaksanaan human relations yang dilakukan oleh Camat berdasarkan pada prinsip-prinsip human relations, maka hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai semangat kerja pegawai di Kantor Kecamatan Sindang Barang Kabupaten Cianjur.†Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis yaitu, metode penelitian yang menggambarkan, menguraikan, melukiskan suatu keadaan yang sedang berlangsung berdasarkan data dan informasi yang diperoleh yang bersifat aktual dan faktual. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah : Studi kepustakaan, Studi lapangan, melalui Observasi, Wawancara, dan Penyebaran angket. Hasil pengolahan data dalam pembahasan angket variable bebas menunjukan nilai 56,32 % dan untuk pembahasan angket variable terikat menunjukan nilai 53,19%, keduanya berada pada garis kontimum pada Kriteria cukup baik. Oleh karena itu hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima karena telah teruji keberadaannya. Hasil penelitian dan pengolahan angket serta hambatan yang dihadapi oleh Camat dalam pelaksanaan Human Relations dijadikan dasar oleh penulis untuk mengajukan beberapa saran. Agar pelaksanaan Human Relations dapat terlaksana secara optimal, maka Camat di dalam melaksanakan Human Relations hendaknya menggunakan prinsip-prinsip Human Relations, sehingga kerja pegawai dapat tercapai secara optimal.

References

Zulfikar, Waluyo. "DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIS DALAM PEMBANGUNAN BANDARA UDARA KERTAJATI DI KABUPATEN MAJALENGKA." Sosiohumaniora 19, no. 3 (2017).

Zulfikar, Waluyo. "IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSPOR ROTAN DAN PRODUK ROTAN DI KABUPATEN CIREBON." Sosiohumaniora 14, no. 2 (2012): 167.

Zulfikar, Waluyo. "FORMULASI KEBIJAKAN PENDIRIAN LEMBAGA PERADILAN KHUSUS HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN BEKASI." Creative Research Journal 3, no. 01 (2017): 55-72.

Zulfikar, Waluyo, and Koko Enang. “Hubungan Pusat dan Daerah.†GN Press, 2017.

Rochaeni, Atik, and Waluyo Zulfikar. “Pengelolaan Sampah : Problematika dan Kebijakan.†GN Press, 2017.

Sopandi, Encep, Erna Maulina, Anang Muftiadi, and Waluyo Zulfikar. “Keunggulan Bersaing Kerajinan Bambu.†GN Press, 2017.

Zulfikar, Waluyo. “Implementasi Kebijakan Ekspor Rotan di Kabupaten Cirebon.†Universitas Padjadjaran, 2012.

Rukayat, Yayat. "KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN PASIRJAMBU." Jurnal Ilmiah Magister Administrasi 11, no. 2 (2018).

Rukayat, Yayat. “STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN.†JIMIA 2, no. 5 (2011): 34-49.

Rukayat, Yayat. “MEMUPUK JIWA DAN KOMPETENSI BERWIRASWASTA.†TRANSPARANSI 6, no. 01 (2011): 82-99.

Rukayat, Yayat. “TINJAUAN TERHADAP BIROKRASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI ERA OTONOMI DAERAH.†JIMIA IV, no. 01 (2010): 17-28.

Rukayat, Yayat. “KEPEMIMPINAN DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK.†JIMIA III, No.1 (2009): 25-31.

Sopandi, Encep. "Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010)." manajerial 9, no. 18 (2011): 87-101.

Sopandi, Encep. "Strategy Of Business Development Bamboo Craft (A Study In Pasirjambu Village Pasirjambu District Bandung Regency)." AdBispreneur 2, no. 1 (2017).

Sopandi, Encep. "ANALISIS KEUNIKAN SUMBERDAYA DAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREATIF BAMBU (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat)." Journal of Management and Business Review 14, no. 2 (2017): 176-205.

Rochaeni, Atik. "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Kompetisi." Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 6, no. 12 (2008).

Downloads

Published

2019-04-24