KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI DETERMINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Pada Unit Pelayanan Teknis Daerah Pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Di Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung)
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada upaya kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja terhaap kinerja guru di UPDT pendiikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung yang dirasakan masih belum optimal. Hal tersebut dilihat dari masih kurang Pimpinan/kepala sekolah belum sepenuhnya optimal dalam membuat keputusan yang memberikan pengaruh pada banyak orang khususnya kepada Guru-guru dan belum optimalnya kinerja an profesionalnya guru pembimbing terhaap profesinya jufa mengakibatkan pemahaman yang fatal bagi siswa dan begitu juga dapat mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, melalui analisis verifikatif atau asosiatif. Metode verifikatif dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan, maka metode penelitian yang digunakan adalah exploratory research. Penelitian penjelasan (explanotory research) disebut juga penelitian pengujian (verificative research). Dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Adapun proseur pengumpula data dilakukan dengan cara studi dokumentasi, studi lapangan, observasi, studi kepustakaan, wawancara serta angket. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di UPDT pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah dasar Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.Hasil pengujian hipotesis mengajukan bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,764 (76,40%). Variabel kepuasan kerja memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,579 (57,90%). Adapun hasil kepemimpinan dan kepuasan kerja secara bersama mempengaruhi kinerja guru di UPTD Pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.Rekomendasi yang disampaikan adalah agar kepemimpinan kepala sekolah dapat terlaksana sesuai dengan tujuan, Pimpinan hendaknya selalu memberikan kepuasan kerja terhadap proses kerja guru. Selain itu Pimpinan hendaknya memotivasi dan memberkan pelayanan dapat berjalan sesuai dengan tujuan organisasi, serta dapat memberikan solusi terbaik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi.Kata kunci : Kepemimpinan, Kepuaasan Kerja dan KinerjaReferences
MULYASA, E
Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosda
NAWAWI, Hadari
Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press, Yogyakarta
PAMUDJI
Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia, Bina Aksara, Jakarta.
RIDUWAN
Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta, Bandung.
Rivai, Veithzal
Performance Appraisal, Raja Gravindo Persada, Jakarta
SEDARMAYANTI
Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung Rafika Aditama
SEDARMAYANTI,
Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung, Rafika Aditama
SILALAHI, Ulbert
Studi Tentang Ilmu Administrasi, Penerbit Sinar Baru Algesindo, Bandung
SUDRIAMUNAWAR, Haryono
Kepemimpinan, Peran serta dan Produktivitas Bandung, Penerbit CV Mandar Manju
STONER, JAMES A. F.,
Management. New Delhi : Prentice Hall, Inc.
TAMPUBOLON, DAULAT P.
Perguruan Tinggi Bermutu Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
WAHJOSUMIDJO
Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta, Ghana Indonesia
WILLBOM DAN CHENG
Global Management of Quality Assurance System. New York San Francisco Washington DC : McGraw Hill, Inc.