PEMODELAN 2-D METODE MAGNETOTELURIK DENGAN MENGAPLIKASIKAN ALGORITMA BICONJUGATE GRADIENT STABILIZED

Authors

  • Muhammad Zukir Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

Metoda magnetotelurik adalah salah satu bentuk metode geofisika berupa teknik ekplorasi pasif karena memanfaatkan sumber alami untuk memperoleh variasi dari medan listrik dan medan magnet di permukaan bumi. Rentang frekuensi yang digunakan pada penelitian ini antara 10-4 Hz sampai 102 Hz. Forward modelling 2D dari metode magnetotelurik bertujuan untuk menentukan nilai dari resistivitas semu dan fasa dari kondisi bawah permukaan bumi dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Parameter fisika yang digunakan adalah persamaan Maxwell. Persamaan ini akan digunakan pada kasus polarisasi Transverse Electric (TE) dan polarisasi Transverse Magnetic (TM). Diskritisasi elemen menggunakan finite element dengan metoda Galerkin. Preconditioner yang dimanfaatkan adalah Incomplete Lower – Upper (ILU) yang digabungkan dengan Biconjugate Gradient Stabilized (BiCGStab). Metoda ini bisa menghemat proses iterasi dan menghasilkan grafik fasa, resistivitas semu, dan peluruhan medan listrik dan medan magnet dengan lebih presisi sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Kata Kunci : BiCGStab, Forward modelling, Finite element, ILU, , MT 

Author Biography

Muhammad Zukir, Universitas Nurtanio Bandung

Program Studi Avionika Fakultas Teknik

References

Babaoğl, Barış. 2003. Application of biconjugate Gradient Stabilized Method with Spectral Acceleration for Propagation over terrain Profiles. Bilkent University.

Chow, Edmond. 1997. Experimentaly study of preconditioner for indefinite matrices. USA: university if Minnesota.

Jian-xing, LIU. 2009. Aplication of BICGSTab Algorithm with Incomplete LU Decomposition Precondetioning to Two-Dimentional Magnetotelluric Forward Modelling. Changsha: Central South University.

Kumar, Krishna. 2011. Efficient two-dimensional magnetotellurics modelling using implicitly restarted Lanczos method. India: Indian Institute of Technology Roorkee.

Nabighian, M. N. 1981. Extensions of the magnetometric resistivity (MMR) method. Geophysics.

Simpson, Fiona. 2005. Praktical Magnetotellurics. UK: Cambridge Unversity Press.

Zulfikar, Waluyo. "Dampak Sosial, Ekonomi Dan Politis Dalam Pembangunan Bandara Udara Kertajati Di Kabupaten Majalengka." Sosiohumaniora 19, no. 3 (2017).

Zulfikar, Waluyo. "Implementasi Kebijakan Ekspor Rotan Dan Produk Rotan Di Kabupaten Cirebon." Sosiohumaniora 14, no. 2 (2012): 167.

Zulfikar, Waluyo. "Formulasi Kebijakan Pendirian Lembaga Peradilan Khusus Hubungan Industrial Di Kabupaten Bekasi." Creative Research Journal 3, no. 01 (2017): 55-72.

Downloads

Published

2020-05-16

Issue

Section

Articles