PROSEDUR KEGIATAN PENERIMAAN SPAREPARTS DI RECEIVING SECTION CENTRAL STORE PT.Y

Authors

  • Yuli Nurti
  • Muhammad Satar

Abstract

PT. Y adalah salah satu perusahaan penerbangan milik pemerintah Republik Indonesia yang bergerak di bidang industri jasa transportasi udara dan merupakan perusahaan bengkel perawatan pesawat terbang terbesar yang terdapat di Indonesia saatini.Berdasarkan aliran barangnya, spare parts terbagi menjadi 3 kategori, yaitu fast moving (spare parts dengan aliran yang sangat cepat), medium moving (spare partsdengan aliran sedang tidak terlalu cepat atau lambat), slow moving (spare parts dengan aliran sangat lambat).Dalam kegiatan penerimaan spare partsdi dalam gudang terdapat ketidak sesuaian dokumen ketika tiba di tempat penerimaan spare parts sehingga harus masuk kedalam ruang quarantine dan ketika petugas penerimaan mengalokasikan spare parts tidak sesuai sistem FIFO tetapi menurut pengaturanspare parts-nya.Maka untuk menjawab permasalahan diatas sangat diperlukan sosialisasi terhadap prosedur yang diadakan secara berkala, sehingga spare parts yang tidak memenuhi syarat segera dikembalikan ke vendor, dan untukmengefektifkansistem FIFO(First In First Out)diperlukanpenataanulang gudangyang sesuai.

References

Hendayani, ratih., 2011. Mari Berkenalan Dengan Manajemen Logistik.Bandung. CV Alfabeta.

Jogiyanto, 2014. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta. CV Andi Offset.

Miranda, Amin Widjaja Tunggal. 2007. Manajemen Logistik dan Supply Chain Management. Jakarta. Harvindo.

Moekijat, 1989. Tanya Jawab Asas-Asas Manajemen. Bandung. CV Mandar Maju.

Rangkuti, Freddy. 1996. Manajemen Persediaan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Subagya, M.S. 1990. Manajemen Logistik. Jakarta. CV Haji Masagung.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles