Analisis Kekuatan Struktur Pada Tail Prototype Unmanned Aerial Vehicle X. 7/4 Dengan Modifikasi Alumunium 2024-T3
DOI:
https://doi.org/10.56244/formateks.v2i2.850Keywords:
Unmanned Aerial Vehicle, Tail, metode elemen hingga, Alumunium 2024-T3Abstract
Tail merupakan bagian pesawat paling belakang yang memiliki bagian flight control. Kekuatan struktur tail sangat diperhatikan dalam pembuatan pesawat termasuk pembuatan pesawat UAV, pada penelitian ini untuk menghitung tegangan maximum, serta menghitung nilai margin of safety dari tail. Nilai margin of safety menjadi acuan untuk mengetahui batas keamanan struktur tail pada pesawat dalam setiap kondisi pesawat saat terbang. Pada pengujian tail pesawat UAV ini dilakukan dengan menggunakan software ABAQUS. Jenis material yang digunakan yaitu Alumunium 2024-T3, Hasil analisis pada struktur tail menunjukkan bahwa analisis pada bagian horizontal stabilizer kondisi climb memperoleh stress maximum yaitu 175,1 MPa dan displacement maximum yaitu 1,9 mm sehingga memperoleh nilai margin of safety yaitu 1,19. Pada Verticalstabilizer kondisi climb memperoleh stress maximum 54,33 MPa dan displacement maximum yaitu 4,4 mm, sehingga memperoleh nilai margin of safety yaitu 6,08. Berdasarkan hasil analisis pada struktur tail, bahwa struktur tersebut memiliki kekuatan yang mampu untuk menahan beban – beban yang terjadi selama operasi pesawat.