PERENCANAAN BISNIS PERUMAHAN PADA PT PJM

Authors

  • Nonon Dherian Rizki

DOI:

https://doi.org/10.56244/manners.v3i2.359

Abstract

ABSTRAKSebagai ibu kota propinsi Jawa Barat, Bandung menjadi pusat aktivitas dari kegiatan yang ada di Jawa Barat. Hal ini berakibat kepada pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkatkan. Pertumbuhan penduduk akan meningkatkan kebutuhan rumah secara signifikan. Sedangkan arah perkembangan kawasan perumahan di Kota Bandung berdasarkan segmentasi pasar, untuk kawasan perumahan dengan segmentasi pasar rumah sederhana banyak dikembangkan di daerah timur Bandung.Tujuan penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui perencanaan bisnis yang sesuai dengan kondisi yang ada dengan menggunakan aspek-aspek pemasaran, prospek keuangan, mengetahui bagaimana situasi lingkungan usaha property di kawasan Bandung Timur, bagaimana celah pasar yang dapat diraih.Adanya kebijakan pemerintah yang mendukung potensi usaha properti ini disambut baik oleh developer untuk menjalankan usaha properti khususnya di kawasan Bandung Timur, yang berpotensi mengembangkan perumahan sederhana karena konsumen menengah kebawah merupakan konsumen potensi untuk daerah ini. Maka direncanakan untuk membangun perumahan sederhana sehat pada kawasan Cikadut Bandung Timur.Dari Perencanaan bisnis ini diharapkan tingkat pengembalian investasi dapat lebih besar dari biaya modal yang dikeluarkan, dan tingkat kelayakan bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan serta tingkat pengembalian dana yang lebih cepat dan rencana pembangunan perumahan ini dilakukan selama 2 tahun. Selain itu pembangunan perumahan rumah sederhana ini diharapkan dapat membantu perekonomian bidang properti maupun bidang lainnya.Kata Kunci: Properti, Investasi, Perencanaan Bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

Freddy, R. (2005). Business Plan: Teknik Membuat Perencanaan Bisnis & Analisis Kasus.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Indra, M.P. (2019). Business Model And Business Plan Di Era 4.0. Yogyakarta : Quadrant.

Laporan Perekonomian Indonesia. (2007). Balai Pusat Statistik Jawa Barat. Bandung.

Mulyana. A. (2017). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Lab Ausaha Samsung Co Tahun 2009-2015. Jurnal Manajemen Indonesia, Vol.17 No.3.

Mulyana. A. (2018). Pengaruh penjualan dan Biaya Produksi terhadap laba usaha PT. Mayora Indah Tbk. Jurnal Indonesia Membangun, Vol. 17, No. 2.

Rhonda, A. (2012). Business Plan In A Day cetakan ke 5. Yogyakarta : Kanisius.

Safrida, Y. (2019). Business Plan. Medan : Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Statistik Ekonomi Keuangan Daerah Jawa Barat. (2008). Balai Pusat Statistik Jawa Barat. Bandung.

Statistik Perumahan dan Pemukiman. (2004). Balai Pusat Statistik Jawa Barat. Bandung.

Sugiama, G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung : Penerbit Guardaya Intimarta.

Website

www.http://bandung.go.id. diakses pada tanggal 20 Oktober 2020 .

http://www.bankindonesia.go.id. diakses pada tanggal 29 Oktober 2020.

http://www.infodanperumahandibandung.htm . diakses pada tanggal 14 September 2020.

Downloads

Published

2020-10-29

How to Cite

Rizki, N. D. (2020). PERENCANAAN BISNIS PERUMAHAN PADA PT PJM. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(2), 149–168. https://doi.org/10.56244/manners.v3i2.359

Issue

Section

Articles