EMPLOYEE ENGAGEMENT: PERBANDINGAN ANTARA PERUSAHAAN JASA DAN MANUFAKTUR

Ceicalia Tesavrita, Sandria Sarim, Yela Cathcy Grace, Devi Theodora Napitupulu

Sari

ABSTRAK



Penelitian ini melakukan studi komparasi faktor-faktor yang berpengaruh pada employee engagement di dua perusahaan, dimana satu perusahaan bergerak di bidang manufaktur dan satu lagi bergerak di bidang jasa. Employee engagement didefinisikan sebagai keterikatan, baik secara perilaku ataupun psikologikal, yang dirasakan oleh seseorang terhadap perusahaan dimana ia bekerja. Pegawai dengan tingkat employee engagement yang tinggi secara umum akan menunjukkan performansi lebih tinggi yang secara langsung akan berdampak positif pada kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini, diidentifikasi empat faktor yang berpengaruh terhadap tingkat employee engagement yaitu karakteristik pekerjaan, sistem penghargaan, dukungan supervisor, dan karakteristik organisasi. Model penelitian akan diukur dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada 2 perusahaan, satu perusahaan di bidang jasa dengan jumlah data 76 dan satu perusahaan di bidang manufaktur dengan jumlah data 60 orang. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan bantuan perangkat lunak PLS-SEM. Dari perbandingan model yang terbentuk dapat terlihat bahwa employee engagement pada kedua perusahaan tersebut dipengaruhi oleh faktor- faktor yang berbeda. 

Kata kunci: employee engagement, PLS-SEM, perusahaan manufaktur, perusahaan jasa.

 

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., dan Sarstedt, M. (2014): A Premier on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Singapore: Sage Publications.

Macey, W.H. dan Schneider, B. (2008): The meaning of employee engagement. Industrial and Organizational Psychology, 1 (2008), 3–30.

Nusatria, Sandi. (2011). Employee Engagement : Anteseden dan Konsekuensi: Studi pada Unit CS PT. Telkom Indonesia Semarang. Skripsi. Semarang:Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Sekaran, U. dan Bougie, R. (2013): Research Methods for Business—A Skill Building Approach. 6th Edition, John Wiley and Sons, West Sussex

The Gallup Organization [online] Available at: www.gallup.com. Accessed 20th March 2012.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.