WISATA HALAL LOMBOK: UPAYA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN GENERASI MUSLIM MILENIAL

Authors

  • Yuniati Fransisca Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nurtanio Bandung
  • Albert Kurniawan Purnomo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

ABSTRAKLabel halal biasanya digunakan untuk menyatakan kesesuaian produk seperti produk makanan, kosmetik, atau produk perawatan tubuh dengan syariat Islam. Label halal saat ini juga digunakan untuk menyatakan kesesuaian lokasi beserta jasa didalamnya dengan syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli konsumen muslim milenial terhadap produk wisata halal dengan menggunakan Lombok, yang didaulat sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia pada tahun 2016, sebagai objek penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan FGD dan wawancara. Pendekatan ini dipilih dengan tujuan agar peneliti mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai minat beli wisata halal. Pada penelitian ini, peneliti mendapatkan informasi dari 100 orang nara sumber yang memenuhi kriteria Muslim Milenial Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor halal bukanlah menjadi penentu utama dalam pemilihan tempat tujuan wisata. Faktor keindahan alam, terutama keindahan alam yang layak dipublikasikan melalui media sosial masih menjadi faktor utama dalam menentukan pilihan tempat tujuan wisata bagi konsumen Muslim Milenial.Kata kunci: Minat Kunjungan Lombok, Muslim Milineal 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakar, A. B., Tan, E., & Lim, T. (2018). Halalfying Travel: Reaching The Muslim Millenial Travelers. Proceeding of the Council for Australasian University Tourism and Hospitality Education (CAUTHE) Conference. Conference Paper.

Battour, M., Ismail, M.N., & Battor, M. (2010). The Impact of Destination Attributes on Muslim Tourist’s Choice. International Journal of Tourism Research.

Battour, M., Battor, M., & Bhatti, M.A. (2017). Islamic Attributes of Destination: Construct Development and Measurement Validation, and Their Impact on Tourist Satisfaction. International Journal of Tourism Research, Int. J. Tourism Res., 16:

–564 (2014). DOI: 10.1002/jtr.1947.

Nurcahyo, A. & Hudrasyah, H. (2017). The Influence of Halal Awareness, Halal Certification, and Personal Societal Perception Toward Purchase Intention: A Study of Instant Noodle Consumption of College Student in Bandung. Journal of Business and Management. Vol: 6(1): 21-31.

WEBSITE

https://seasia.co/2018/06/10/world-s-best- destinations-for-muslim-travelers-2018

https://geotimes.co.id/kolom/agama/siapaka h-muslim-milenial-indonesia-itu-i/

https://www.republika.co.id/berita/gaya- hidup/trend/16/03/04/o3hzva384-2020- generasi-milenial-akan-dominasi- indonesia

Published

2019-08-28

How to Cite

Fransisca, Y., & Purnomo, A. K. (2019). WISATA HALAL LOMBOK: UPAYA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN GENERASI MUSLIM MILENIAL. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 2(1), 15–23. Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/264

Issue

Section

Articles