COMPANY LOCATION SELECTION IN DIGITAL TECHNOLOGY ERA, DOES IT STILL MATTER?
Abstract
ABSTRAKLokasi seringkali dianggap menjadi penyebab dari kegagalan sebuah perusahaan, namun terdapat pula lokasi yang dianggap baik bagi perusahaan. Pada awal tahun 90an, banyak perusahaan yang bersedia melakukan investasi di lokasi yang diyakini dapat berkontribusi untuk menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Proses pemilihan lokasi memperimbangkan banyak faktor yang diperhitungkan dengan hati-hati untuk mendukung keputusan yang akan diambil, beberapa faktor yang menjadi pertimbangan antara lain: Produktivitas tenaga kerja, nilai tukar mata uang serta risiko mata uang, biaya, risiko politik, nilai dan budaya, kedekatan dengan pasar, kedekatan dengan pemasok, kedekatan dengan pesaing. Terdapat pula faktor-faktor yang harus diperhatikan lebih lanjut di tingkat regional, dan lokasi spesifik. Bagaimana dengan saat ini, di era Teknologi Digital, apakah faktor-faktor tersebut masih relevan? Atau pertanyaan lebih mendasar, apakah pemilihan lokasi masih perlu diperhatikan? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi beberapa faktor yang secara umum dipertimbangkan ketika mengambil keputusan berkaitan dengan pemilihan lokasi. Â Kata Kunci: Pemilihan Lokasi, Manajemen Operasi, Teknologi DigitalDownloads
References
Artikis, G. P. (1991). Plant Location Decisions in the Greek Food Industry. International Journal of Operations & Production Management, 11(5), 57–70.
Baltzan, P. (2017). Business Driven Technology 7th Edition (7th ed.). New
York: McGraw Hill. https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3
Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of
Computer Technology: A comparison of Two Theoretical Models. Managemente Science, 32(8), 982– 1003.
Hamilton, L. C., & Asundi, R. (2008). Technology usage and innovation. Management Research News, 31(11), 830–845. https://doi.org/10.1108/0140917081091 3033
Heizer, Jay; Render, Barry; Munson, C. (2017). Operations Management:
Sustainability and Supply Chain Management (12th ed., Vol. 1). Boston: Pearson. https://doi.org/10.1017/CBO978110741 5324.004
Jones, N., Borgman, R., & Ulusoy, E. (2015). Impact of social media on small businesses. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 611–632. https://doi.org/10.1108/JSBED-092013-0133
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–
https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.200 9.09.003
Karakaya, F., & Canel, C. (1998). Underlying dimensions of business
location decisions. Industrial Management & Data Systems, (March), 321–329. https://doi.org/10.1108/0263557981020 5395
Krajewski, L. J., Mallhotra, M. K., & Ritzman, L. P. (2016). Operations Management Processes and Supply Chains (11th ed.). Harlow: Pearson.
Lisa, A. (1994). International technology adoption : Behavior structure , demand certainty and c ... JOURNAL OF BUSINESS & INDUSTRIAL MARKETING, 9(2), 16–28.
Mazzarol, T., & Choo, S. (2003). A study of the factors influencing the operating location decisions of small firms. Property Management, 21(2), 190–208. https://doi.org/10.1108/0263747031047 8918
Porter, M. E. (2000). Economic Development : Local Clusters in a Global Economy. Economic Development Quaterly, 14(1), 14–34. https://doi.org/10.1177/0891242400014 00105
Reid, R. D., & Sanders, N. R. (2013). Operations management (5th ed.). Wiley.
Schmenner, R. W. (1994). Service Firm Location Decisions: Some Midwestern
Evidence. International Journal of Service Industry Management, 5(3), 35–56. https://doi.org/10.1108/09564239410064070
Soliman, F., & Youssef, M. a. (2003). Internet-based e-commerce and its impact on manufacturing and business operations. Industrial Management & Data Systems, 103(8), 546–552. https://doi.org/10.1108/0263557031049 7594
Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651. https://doi.org/10.1108/JSBED-052013-0073