RANCANG BANGUN APLIKASI PENJADWALAN KEGIATAN AKADEMIK DISERTAI SISTEM REMINDER BERBASIS RESPONSIVE WEB DESIGN

Nopi Ramsari, Achmad Rifaldi

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika (FIKI) merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Nurtanio Bandung. Fakultas memiliki kalender akademik untuk mengatur jadwal kegiatan akademik baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tingginya mobilitas dan tidak adanya reminder terkadang membuat dosen dan pejabat fakultas melupakan kegiatan akademik yang telah dijadwalkan. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba membangun suatu aplikasi penjadwalan kegiatan akademik dengan memanfaatkan teknik Email Blast, SMS Blast dan Notification sebagai bentuk model pengingat agar dapat membantu meningkatkan keefektifitasan kegiatan. Aplikasi ini dibuat dengan gabungan framework Ruby on Rails, Postfix dan Application Program Interface (API) yang disediakan oleh layanan Twillio dan Onesignal. Twillio menyediakan API yang dapat digunakan untuk mengirimkan SMS reminder. Onesignal menyediakan API yang dapat digunakan untuk mengirimkan reminder dalam bentuk notifikasi. Sedangkan postfix digunakan mengirimkan reminder dalam bentuk email. Dalam pembangun aplikasi ini, penulis menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dan metode Responsive Web Design (RWD) dalam pembuatan tampilan antarmuka sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi di berbagai perangkat. Secara garis besar aplikasi ini berbentuk kalender akademik disertai dengan sistem reminder. Adanya manajemen pengguna dan hak akses pengguna, membuat aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk suatu organisasi atau instansi. Berdasarkan hasil implementasi, aplikasi penjadwalan kegiatan akademik dengan sistem reminder ini dapat mempermudah proses pencatatan jadwal dan pengingat kegiatan akademik sehingga dapat meningkatkan kefektifitasan kegiatan.

Kata kunci: penjadwalan, kegiatan akademik, reminder, Ruby on Rails, email, Short Message Service (SMS)

Full Text:

PDF

References

Bauer, Mick dan Brenno de Winter. 2000. Using Postfix for Secure SMTP Gateways. http://www.linuxjournal.com/article/4241 (diakses tanggal 17 September 2017).

Concept Draw. Diagramming Software for designing UML Sequence Diagrams. http://www.conceptdraw.com/How-ToGuide/diagrams-software-tools-for-design

uml-sequence-diagram (diaksesk tanggal 30 September 2017).

Handayani, Indri, Qurotul Aini dan Yessy Oktavyanti. 2015. Penggunaan Rinfocal Sebagai Aplikasi Pengingat (Reminder) Kegiatan Akademik Pada Perguruan Tinggi. Vol. 9, No, 1 dalam http://raharja.ac.id/raharja_file/file_jurnal/fi le/9010215.pdf (diakses tanggal 11 Agustus 2017).

Hartl, Michael. 2015. Ruby on Rails Tutorial: Learn Web Development with Rails (3rd edition). United States : AddisonWesley 5. Haryanto, Edy Victor. 2012. Jaringan Komputer. Yogyakarta : ANDI 6. Inderapermana, Yusa. Pengertian Application Programming Interface (API). http://www.yusaindera.com/2017/03/penge rtian-application-programming.html (diakses tanggal 11 Agustus 2017).

Pradana, Ryan Oki. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengingat Jadwal Pembayaran Angsuran Pada Kospin Jasa Cabang Pemalang Berbasis SMS Gateway. Semarang : Tidak diterbitkan.

PostgreSQL. About Postgresql. https://www.postgresql.org/about/ (diakses tanggal 2 Agustus 2017)

Schade, Amy “Responsive Web Design (RWD) and User Experinece”. https://www.nngroup.com/articles/responsi ve-web-design-definition/ (diakses tanggal 8 Agustus 2017)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.