SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH PADA PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS : KEC. NGAMPRAH KAB. BANDUNG BARAT)

Suharjanto Utomo, Tiyo Mardiono

Abstract

Pengambilan keputusan selalu berkaitan dengan ketidakpastian dari hasil keputusan yang diambil. Sistem pendukung keputusan dikembangkan untuk mengurangi faktor ketidakpastian tersebut dengan mengolah sebuah informasi menjadi sebuah alternatif pemecahan suatu masalah. Metode yang dapat diterapkan dalam sistem pendukung keputusan ini yaitu metode analytical hierarchy process (AHP). Metode analytical hierarchy process (AHP) sering digunakan dalam hal membantu pengambilan keputusan, bila pengambilan keputusan itu dihadapkan pada adanya sejumlah kriteria dan sejumlah alternatif. Dimana kriteria yang ada dalam pengambilan keputusan itu tentunya memiliki sejumlah bobot alternatif. Salah satu bidang yang dapat diselesaikan dengan metode AHP ini untuk menentukan tempat tinggal (rumah).

Untuk mengetahui proses pengambilan keputusan dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) untuk studi kasus pemilihan rumah dengan kriteria keamanan, kenyamanan, kompabilitas, fleksibilitas, keterjangkauan jarak, lingkungan berjati diri, dan status kepemilikan yang diatur oleh SNI 03-17332014 mengenai tata cara perencanaan lingkungan perumahan di perkotaan.

Kata Kunci : SPK, analytical hierarchy process (AHP), tata cara perencanaan lingkungan perumahan di kerkotaan.

Full Text:

PDF

References

Azwar, A, 1996. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Mutiara Sumber Widya. Jakarta Ian Sommerville (2011, p30-31)

Mukono HJ.(2000). Prinsip dasar Kesehatan Lingkungan . Surabaya : Airlangga University Press, pp 155-157.

Turban, E. and Aronson, J. E. (2001). Decision Support and Intelegent Systems, (6 th ed.) Prentice-Hall Inc, New Jersey. Menurut Junaedi (2005:151)

Sulhan, Mohd. 2007. Pengembangan Aplikasi Berbasis Web dengan PHP & ASP. Jogjakarta: PT. Gava Media.

Agus Saputra (2011). Trik dan Solusi Jitu Pemrograman PHP. IKAPI., Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.