PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI LAMPU RUANGAN BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS NURTANIO)

Iswanto Iswanto, Gandi Gandi

Abstract

Semakin pesatnya kemajuan teknologi smartphone saat ini terutama smartphone android, sebagai alat komunikasi dan telepon cerdas telah mengalami banyak perkembangan yakni sebagai remote control yang dapat mengendalikan perangkat elektronik. Remote control secara tidak langsung dapat mengurangi tugas user dalam menangani sebuah kontrol peralatan elektronik. Dalam penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk membangun aplikasi sistem kendali yang dapat mengendalikan lampu ruangan di Universitas Nurtanio berbasis Internet of Things (IOT) menggunakan smartphone android. Dengan dibangunnya aplikasi ini diharapkan mampu memudahkan user di Universitas Nurtanio untuk menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh. User hanya diminta untuk menekan tombol yang ada pada aplikasi android yang dibangun untuk melakukan perintah menyalakan dan mematikan lampu dengan memanfaatkan koneksi internet. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan sistem dapat bekerja dengan baik untuk menyalakan dan mematikan lampu. Namun memiliki waktu delay yang cukup lama sekitar (60 detik) untuk setiap perintah yang dikirimkan oleh user melalui smartphone android yang dikirimkan ke server cloud Thingspeak.
Kata Kunci : Remote Control, Smartphone, Android, Internet of Things (IOT), Server, Cloud.

Full Text:

PDF

References

Safaat, Nazrudin, 2011. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung : Informatika. 2. Muhamad, Syahwil.2013. Panduan mudah dan Praktik Mikrokontroler Arduino.Yogyakarta : Andi.hal 60.

Kurniawan, (2016).”Purwa Rupa IoT (Internet of Things) Kendali Lampu Gedung (Studi Kasus pada Gedung Perpustakaan Universitas Lampung)”. Tugas Akhir, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Saputra Andri, Febriansyah Dwi, Kuswara Haris, (2014). ”Alat Kendali Lampu Rumah Menggunakan Bluetooth Berbasis Android”. Jurnal, STMIK PalComTech.

Taruna Evan, (2015). “Pengendali Lampu Rumah Berbasis Mikrokontroler Arduino Menggunakan Smartphone Android”. Jurnal, STMIK ATMA LUHUR, Pangkal Pinang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.