BENTURAN BUDAYA DALAM ETIKA ADMINISTRASI NEGARA (Studi Kasus Tentang Gratifikasi)

Authors

  • Lita Juliati Amelia

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang benturan budaya dalam etika administrasi negara, studi kasus tentang gratifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap fenomena yang terjadi dalam ruang lingkup kegiatan pemerintahaan, dimana gratifikasi menjadi permasalahaan yang tidak kunjung henti dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif dan menghasilkan kesimpulan  bahwa budaya organisasasi akan mempengaruhi etika administrasi baik etika secara formal yang dituangkan dalam bentuk undang-undang dan peraturan pegawai dalam mem-berikan pelayanan pada masyarakat. Begitu juga etika non formal yaitu adat istiadat satu daerah akan mencerminkan budaya akan berpengaruh pada pelayanan publik. Hal lainnya menunjukan bahwa benturan budaya dengan etika administrasi disebabkan oleh budaya yang dibentuk adat timur yang menanamkan menghargai orang yang berjasa, toleransi, menghargai, budaya malu, sehingga balas budi menjadi tolak ukur untuk berbuat kebaikan. Hal ini disalhgunakan dengan kekuasaan atau jabatan dimilikinya sehuingga etika administrasi perlu mengatur dengan gratifikasi, walaupun terasanya berbenturan yang sangat dipaksakan, karena gratifikasi bukan budaya Indonesia.

References

Kumorotomo, Wahyudi. 1992 Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kartasasmita, Ginanjar. 1997 Administrasi Pembangunan Perkembangan Pemikiran dan Praktiknyadi Indonesia, Penerbit LP3ES

Kumorotomo, Wahyudi. 1992 Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

P. Siagian, Sondang. 2005 Administrasi Pembangunan; Konsep, Dimensi, dan Strateginya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wibawa, Samodra. 2005 Reformasi Administrasi; Bunga Rampai Pemikiran.Yogyakarta: Gava Media

Zulfikar, Waluyo. "DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIS DALAM PEMBANGUNAN BANDARA UDARA KERTAJATI DI KABUPATEN MAJALENGKA." Sosiohumaniora 19, no. 3 (2017).

Zulfikar, Waluyo. "IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSPOR ROTAN DAN PRODUK ROTAN DI KABUPATEN CIREBON." Sosiohumaniora 14, no. 2 (2012): 167.

Zulfikar, Waluyo. "FORMULASI KEBIJAKAN PENDIRIAN LEMBAGA PERADILAN KHUSUS HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN BEKASI." Creative Research Journal 3, no. 01 (2017): 55-72.

Zulfikar, Waluyo, and Koko Enang. “Hubungan Pusat dan Daerah.†GN Press, 2017.

Rochaeni, Atik, and Waluyo Zulfikar. “Pengelolaan Sampah : Problematika dan Kebijakan.†GN Press, 2017.

Sopandi, Encep, Erna Maulina, Anang Muftiadi, and Waluyo Zulfikar. “Keunggulan Bersaing Kerajinan Bambu.†GN Press, 2017.

Zulfikar, Waluyo. “Implementasi Kebijakan Ekspor Rotan di Kabupaten Cirebon.†Universitas Padjadjaran, 2012.

Rukayat, Yayat. "KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN PASIRJAMBU." Jurnal Ilmiah Magister Administrasi 11, no. 2 (2018).

Rukayat, Yayat. “STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN.†JIMIA 2, no. 5 (2011): 34-49.

Rukayat, Yayat. “MEMUPUK JIWA DAN KOMPETENSI BERWIRASWASTA.†TRANSPARANSI 6, no. 01 (2011): 82-99.

Rukayat, Yayat. “TINJAUAN TERHADAP BIROKRASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI ERA OTONOMI DAERAH.†JIMIA IV, no. 01 (2010): 17-28.

Rukayat, Yayat. “KEPEMIMPINAN DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK.†JIMIA III, No.1 (2009): 25-31.

Sopandi, Encep. "Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010)." manajerial 9, no. 18 (2011): 87-101.

Sopandi, Encep. "Strategy Of Business Development Bamboo Craft (A Study In Pasirjambu Village Pasirjambu District Bandung Regency)." AdBispreneur 2, no. 1 (2017).

Sopandi, Encep. "ANALISIS KEUNIKAN SUMBERDAYA DAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREATIF BAMBU (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat)." Journal of Management and Business Review 14, no. 2 (2017): 176-205.

Rochaeni, Atik. "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Kompetisi." Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 6, no. 12 (2008).

Downloads

Published

2019-04-24