PENCAPAIAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM BERAS MISKIN (RASKIN) DI DESA CIJAGANG KECAMATAN CIKALONGKULON KABUPATEN CIANJUR

Authors

  • Nanang Juhandi Hermawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi terhadap pegawai yang dilakukan oleh Kepala Desa sebagai salah satu upaya untuk mencapai efektivitas pengelolaan program beras miskin (RASKIN) di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur. Disamping itu juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dan upaya-upaya apa yang dilakukan oleh Kepala Desa dalam mengatasi  hambatan-hambatan tersebut. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Jika motivasi yang dilakukan oleh Kepala Desa berdasarkan pada asas-asas motivasi, maka hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai efektivitas pengelolaan program RASKIN di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan, menguraikan atau melukiskan suatu keadaan yang sedang berlangsung berdasarkan data dan informasi yang diperoleh. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut : Studi kepustakaan, Studi lapangan yang melpiuti: observasi, wawancara dan penyebaran angket. Kesimpulan yang diperoleh Pemberian motivasi oleh Kepala Desa sebagai salah satu upaya untuk mencapai efektivitas pengelolaan program beras miskin (RASKIN) di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur, dengan menggunakan azas-azas motivasi berdasarkan hasil pengolahan angket untuk variabel bebas (motivasi) diperoleh hasil dengan kategori cukup sedangkan hasil pengolahan angket  untuk efektivitas termasuk dalam kategori cukup baik.

References

Zulfikar, Waluyo. "DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIS DALAM PEMBANGUNAN BANDARA UDARA KERTAJATI DI KABUPATEN MAJALENGKA." Sosiohumaniora 19, no. 3 (2017).

Zulfikar, Waluyo. "IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSPOR ROTAN DAN PRODUK ROTAN DI KABUPATEN CIREBON." Sosiohumaniora 14, no. 2 (2012): 167.

Zulfikar, Waluyo. "FORMULASI KEBIJAKAN PENDIRIAN LEMBAGA PERADILAN KHUSUS HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN BEKASI." Creative Research Journal 3, no. 01 (2017): 55-72.

Zulfikar, Waluyo, and Koko Enang. “Hubungan Pusat dan Daerah.†GN Press, 2017.

Rochaeni, Atik, and Waluyo Zulfikar. “Pengelolaan Sampah : Problematika dan Kebijakan.†GN Press, 2017.

Sopandi, Encep, Erna Maulina, Anang Muftiadi, and Waluyo Zulfikar. “Keunggulan Bersaing Kerajinan Bambu.†GN Press, 2017.

Zulfikar, Waluyo. “Implementasi Kebijakan Ekspor Rotan di Kabupaten Cirebon.†Universitas Padjadjaran, 2012.

Rukayat, Yayat. "KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN PASIRJAMBU." Jurnal Ilmiah Magister Administrasi 11, no. 2 (2018).

Rukayat, Yayat. “STRATEGI PEMBANGUNAN DESA DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN.†JIMIA 2, no. 5 (2011): 34-49.

Rukayat, Yayat. “MEMUPUK JIWA DAN KOMPETENSI BERWIRASWASTA.†TRANSPARANSI 6, no. 01 (2011): 82-99.

Rukayat, Yayat. “TINJAUAN TERHADAP BIROKRASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI ERA OTONOMI DAERAH.†JIMIA IV, no. 01 (2010): 17-28.

Rukayat, Yayat. “KEPEMIMPINAN DAN OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK.†JIMIA III, No.1 (2009): 25-31.

Sopandi, Encep. "Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru untuk PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010)." manajerial 9, no. 18 (2011): 87-101.

Sopandi, Encep. "Strategy Of Business Development Bamboo Craft (A Study In Pasirjambu Village Pasirjambu District Bandung Regency)." AdBispreneur 2, no. 1 (2017).

Sopandi, Encep. "ANALISIS KEUNIKAN SUMBERDAYA DAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK KREATIF BAMBU (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat)." Journal of Management and Business Review 14, no. 2 (2017): 176-205.

Rochaeni, Atik. "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Kompetisi." Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 6, no. 12 (2008).

Downloads

Published

2019-04-24