PEMBERDAYAAN MITRA BINAAN UMKM MELALUI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT PT TELKOM KANDATEL BANDUNG

Authors

  • Iwa Suryatna

Abstract

Program Kemitraan PT Telkom adalah program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba PT Telkom. Kemitraan melalui BUMN belum mampu memberikan stimulus usaha yang kondusif bagi usaha kecil. Keberadaan BUMN ternyata hanya mengkonsentrasikan pada penyaluran dana yang menjadi kewajibannya. Di lain pihak, pendampingan dan pembinaan tidak optimal dilakukan. Tidak hanya itu, transparansi penyaluran anggaran ini juga masih banyak yang menggugat. Masalah transparansi anggaran dalam kerja sama kemitraan ini lebih banyak ditekankan pada jumlah alokasi dan ketepatan sasaran UKM penerima dana. Berdasarkan karakteristik penelitian yang menjelaskan pengaruh variabel serta pengujian hipotesis antara varibel-variabel yang ada dengan menggunakan teknik sampling, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, secara lebih spesifik menggunakan metode survai eksplanantif (explanatory survey). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya dapat ditarik beberapa kesimpulan diantaranya yaitu : komunikasi dari implementasi program kemitraan berpengaruh signifikan terhadap pemberdayaan usaha kecil  yang ditentukan oleh sosialisasi, kejelasan informasi, konsistensi informasi, frekwensi komunikasi, dan lapisan komunikasi. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar berpendapat bahwa pelaksanaan program kemitraan pada sub variabel komunikasi berjalan baik, hanya saja masalah frekuensi penyampaian informasi yang masih kurang dan informasi yang sampai pada pengusaha kecil tidak secara langsung melainkan melalui beberapa orang atau lembaga. Kata Kunci : Pemberdayaan, Community Develovment, PT Telkom

References

Anatan, L. Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktis di Indonesia. Jurnal Jurusan Manajemen – Universitas Kristen Maranatha, Vol. 8,No. 2. Hal 5.( http://majaour.maranatha.edu)

Budimanta, A., A. Prasetyo dan B. Rudianto. 2004. Corporate Social Responsibility. Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD). Jakarta

Darwin, A. 2008. CSR Itu Tidak Ubahnya Seperti Sedekah. Majalah Akuntan Indonesia Edisi No. 12/Tahun II/Oktober 2008 Halaman 17-18. Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

Elkington, J. 1998. Cannibals With Forks: The Tripple Bottom Line in 21st Century Business. BC: New Society Publishers. Gabriola Island.

Glautier, M.W.E. and B. Underdown. 1986. Accounting Theory and Practice. Third Edition. Pitman Publishing. London.

Hadi, N. 2011. Corporate Social Responsibility. Edisi Pertama. Graha Ilmu.Yogyakarta.

Jurnal

Zulfikar, W., 2017. DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN POLITIS DALAM PEMBANGUNAN BANDARA UDARA KERTAJATI DI KABUPATEN MAJALENGKA. Sosiohumaniora, 19(3).

Zulfikar, W., 2012. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN EKSPOR ROTAN DAN PRODUK ROTAN DI KABUPATEN CIREBON. Sosiohumaniora, 14(2), p.167.

Zulfikar, W., 2017. FORMULASI KEBIJAKAN PENDIRIAN LEMBAGA PERADILAN KHUSUS HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KABUPATEN BEKASI. Creative Research Journal, 3(01), pp.55-72

Downloads

Published

2018-04-18