FAKTOR PRIBADI DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PENENTU TERCAPAINYA KINERJA PEGAWAI
Abstract
Kinerja organisasi dapat terwujud, jika semua unsur dalam organisasi terkordinasi danterintegrasi dengan baik, sesuai fungsi dan peranannya masing-masing. Salah satupenentu tercapainya konerja organisasi adalh terwujudnya kinerja karyawan dalamorganisasi. Elemen – elemen yang mendukung peningkatan kinerja karyawan dalampenelitian ini adalah faktor pribadi dan kepuasan kerja.. Hasil pra survey menunjukanbahwa masih ditemukan sikap pegawai yang tidak memegang teguh amanah dankomitmen dalam melaksanakan tugas, banyaknya sorotan masyarakat terhadapkemampuan pegawai yang kurang responsif, dan banyaknya pegawai yang mangkir.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) untuk mengetahui dan menganalisis : (i)gambaran faktor pribadi, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai, Dinas-dinasKabupaten/Kota Propinsi Jawa Barat, (ii) pengaruh faktor pribadi dan kepuasan kerjaterhadap kinerja pegawai Dinas-dinas di Tingkat Kabupaten/Kota Propinsi Jawa Barat,baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalahdescriptive survey dan explanatory survey. Hipotesis dalam penelitian ini diuji denganmenggunakan Structural Equation Model (SEM), sedangkan untuk pengolahan datamenggunakan program LISREL 8.72 (Linier Structural Relationship). Hasil pengujianhipotesis pertama menunjukkan bahwa Faktor pribadi dan kepuasan kerja pegawaiberpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai. Sehingga, semakinbaik kondisi faktor pribadi pegawai, kepuasan kerja pegawai juga meningkat, makaakan semakin optimal pencapaian kinerja pegawai Dinas-Dinas TingkatKabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat.References
Ainsworth, Murray, Neville Smith, and Anne Millership. 2002. Managing
Performance Managing People : Understanding and Emproving Team
Performance. Printed in Australia by Griffin Press.
Alex Nitisemito. 1986. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia).
Ghalia Indonesia Jakarta.
Anastasi Anne & Susana Urbina. 1997. Psychologikal Testing Seventh Edition
Published by Prentice – Hall Inc.
Anwar Prabu Negara. 2005. Riset Sumber Daya Manusia : Penerbit Trigenda
Karya.
………………………….. 1993. Psikologi Perusahaan. Penerbit Trigenda Karya.
Benardin. H. Jonh and Russel. Joyce E. A. 1993. Human Resource Management : An
Experiential Approach. McGraw-Hill. Series In Management.
Bourne, M., and Neely, A. 2000. Why Performance Measurement Intervention Succed
an Fail. Proceedings of The Second International Conference on Performance
Measurement. Cambridge. UK. pp.165-173.
Bowin. Robert Bruce, and Don Harvey. 1996. Human Resource Management : An
Experiential Approach. Prentice-Hall International, Inc.
Cardoso, Faustino, Gomes. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi
Offset. Yogyakarta.
Fleashman. E.A., Harris. E. F., and Burtt H.E. 1996. Leadership and Supervision in
Industry. Colombus: Ohio State Univercity. Bureau of Edocational Research.
Gibson. James L., Ivanvich. Jonh M., and Donnelly. James H. Jr. 2006. Organization :
Behavior-Structure-Process. Twelfth Edition. McGraw Hill.
Gidden Anthony. 1995. Sociology. Second Edition. New York: Oxfort-Polity Press.
Gorden. Judith R., Monday Wayne R., Sharplin Arthur, and Premeaux Shane. 1990.
Management and Organization Behavior. Allyn and Bacon.
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) No.1 Tahun XII Januari 2018 | 29
Gordon, G., and DiTomaso, N.. 1992. Predicting Corporate Performance from
Organization Culture. Journal Of Management Studies. Vol. 29. No. 6. pp.783-
Kerlinger, Fred. N. 2004. Asas-asas Penelitian Behavioral (Alih : Bahasa : Landung