PENERAPAN PEOPLE CMM UNTUK ANALISIS KOMPETENSI TENAGA KERJA DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Dedi Setiawan

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan People CMM untuk analisis kompetensi tenaga kerja pada perusahaan manufaktur. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi model analisis kompetensi tenaga kerja yang diperlukan untuk menjalankan aktivitas bisnis sehingga model analisis kompetensi tersebut dapat digunakan dan dikembangkan sebagai basis praktik tenaga kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode descriptive survey. Data yang digunakan adalah data primer (kuesioner) dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 70 responden yang bekerja di perusahaan manufaktur. Data yang terkumpul diolah dengan bantuan software SPSS untuk menguji reliabilitas, validitas, dan analisis faktor. Sedangkan untuk menguji besar pengaruh di antara variabel-variabel penelitian digunakan software LISREL.
Hasil penelitian menemukan bahwa model analisis kompetensi tenaga kerja yang telah dilaksanakan di perusahaan manufaktur tersebut terdiri dari: pendefinisian dan pemutakhiran kompetensi tenaga kerja, penciptaan dan pemeliharaan proses kerja yang digunakan dalam setiap kompetensi tenaga kerja, dan pelembagaan praktik-praktik kompetensi tenaga kerja. Secara keseluruhan, kontribusi terbesar dalam analisis kompetensi tenaga kerja di perusahaan manufaktur ditentukan oleh kapabilitas perusahaan untuk menjalankan setiap kompetensi tenaga kerja, yang diikuti oleh penciptaan dan pemeliharaan proses kerja yang digunakan dalam setiap kompetensi tenaga kerja, dan terakhir pelembagaan praktik analisis kompetensi untuk memastikan bahwa kompetensi tersebut dilaksanakan sebagaimana ditentukan proses organisasi/perusahaan.

Full Text:

PDF

References

Preffer, Jeffrey et. al. (2002), “Paradigma Baru Manajemen Sumberdaya Manusia”, Edisi Kedua, Amara Books.

Curtis, Bill (2001), “Describing the Capability Maturity Model”, Special Edition Measure.

Rusdiyanto, Johny (2002), Percepatan Adaptasi Kompetensi SDM dalam Era Digital Economy berdasar Capability Maturity Model (CMM): Sebuah Telaah Pustaka, Proceeding Simposium Nasional Bidang Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen, 523-531.

Hill, Charles W.L. and Gareth R. Jones (2001), “Strategic Management: An Integrated Approach”, Fifth Edition, Houghton Mifflin Company.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.