APLIKASI BASIC OPERATION TRAINER DAN UJI FUNGSI MIKROKONTROLER AT89S51

Dwi Sofyan Malik Rahakbauw, Ema Ema

Abstract

Mikrokontroler merupakan salah satu terobosan teknologi microelektronik yang handal, oleh karena itu mikrokontroler hadir untuk memenuhi keperluan industri dan konsumen akan kebutuhan alat-alat bantu. Namun mikrokontroler masih jarang digunakan karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman. Merancang sistem dengan mikrokontroler bukan hal yang mudah, selain itu di butuhkan biaya yang cukup besar untuk merancang dan mempelajarinya. Maka dari itu di buatlah basic operation trainer mikrokontroler AT89S51.
Dalam pembuatan basic operation trainer ini di gunakan mikrokontroler AT89S51. AT89S51 ini termasuk dalam keluarga MCS-51 yaitu sebuah arsitektur mikrokontroler yang di rancang oleh Intel dan sudah dinyatakan sebagai milik umum karena Intel sudah tidak memproduksinya. Tipe ini mudah didapatkan di pasaran dan mudah untuk difahami, karena itu tipe ini sangat cocok untuk mahasiswa yang sedang belajar mikrokontroler.
Di dalam trainer ini berisikan minimum system AT89S51 agar program dapat di-upload atau di erase kedalam mikrokontroler. Selain itu di dalam trainer ini terdapat 5 basic operation mikrokontroler, yaitu rangkaian LED, rangkaian 7 segment, rangkaian push button switch, rangkaian buzzer, rangkaian keypad matrix. Program dapat dibuat menggunakan aplikasi MIDE-51 setelah itu program dapat di upload atau erase kedalam mikrokontroler menggunakan aplikasi ProgISP. Setelah program ter-upload maka hubungkan port dari minimum system AT89S51 ke port rangkaian basic operation yang tersedia di dalam trainer. Setiap rangkaian basic operation di uji apakah berfungsi sesuai dengan program yang telah di-upload kedalam mikrokontroler.
Trainer ini dapat dipelajari oleh pembaca dan mungkin bisa dikembangkan lebih baik lagi nantinya serta dapat dijadikan sebagai alat praktikum di laboraturium elektronika Fakultas Teknik Universitas Nurtanio Bandung.

Full Text:

PDF

References

Bishop Owen.. Dasar-Dasar Elektronika. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2002.

Daryanto,Dasar-Dasar Kelistrikan Otomotif, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2011.

Daryanto,Teknik Elektronika,Bandung:Satu Nusa,2010.

Dedy Rusmadi,Mengenal Komponen Elektronika,Bandung:Pionir Jaya,2007.

Drs. Boas Aritonang,Peralatan Kontrol Pada Sistem Tenaga Listrik Dan

Pneumatik,Medan:PPPG Teknologi Medan,2005.

Ir.E.Setiawandkk., Rangkaian- Rangkaian Penguat Elektronika, Bandung: Binacipta,1986.

RM. Francis. D. Yuri,Belajar Sendiri Elektronika Tanpa Guru,Bandung:M2S

Bandung,2001.

Sulhan Setiawan., Belajar Mikrokontroler,Yogyakarta:Pen erbit Andi Offset,2009 .

Toni Supriatna, Belajar Mudah Merangkai Rangkaian Elektronika, Yogyakarta:Kata Pena,2013.

Wining.1983. Teknik Elektronika Menuju Ketrampilan. Bandung:M2S

Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.