ANALISIS KEPENDUDUKAN PROPINSI JAWA BARAT

Edah Jubaedah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan dan komposisi kependudukan di Jawa Barat, faktor-faktor yang mempengaruhi migrasi di Jawa Barat, dan pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan pendapatan domestik regional bruto (PDRB) di Jawa Barat.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi ilmu ekonomi dalam hal analisis kependudukan di Jawa Barat, juga dapat dijadikan alternatif pada penentuan kebijakan ekonomi pemerintah dalam hal kebijakan fertilasi, mortalitas, dan kebijakan pencegahan migrasi masuk ke Jawa Barat.
Penelitian ini dilakukan di Jawa Barat, data yang digunakan adalah data time series selama 20 tahun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah multiple regression dengan model pendekatan yaitu Ordinary Least Square( OLS ).
Hasil pengujian hepotesis pertama, menunjukan bahwa pertumbuhan PDRB, perbedaan upah antara sektor industri dan pertaniaan, dan migrasi periode sebelumnya dapat menyebabkan peningkatan migrasi neto di Jawa Barat secara signifikan, sedangkan jumlah penduduk dan investasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap migrasi di Jawa Barat. Selanjutnya hipotesis kedua, menunjukan bahwa tenaga kerja yang bekerja sebagai profesi dokter dan pertumbuhan ekonomi periode sebelumnya berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, sedangkan jumlah murid (SD, SMP, SMU) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.
Kata Kunci : Transisi demografi, kelahiran, kematian, migrasi, PDRB.

Full Text:

PDF

References

Badan Koordinator Keluarga Berencana Nasional Propinsi Jawa Barat.

BPS Jawa Barat, Analisa Volume Kecenderungan Dan Karakteristik Migrasi Masuk Ke Jawa Barat Tahun 2000, Bandung Kerjasama Badan Perencanaan Daerah Propinsi Jawa Barat Dengan Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa Barat Tahun 2002.

BPS Jawa Barat, Analisis Migrasi Hasil Sensus Penduduk 2000, Bandung Kerjasama BPD & BAPPEDA Jawa Barat, Bandung, Tahun 2001.

BPS Statistik Bulanan Indikator Ekonomi Migrasi Hasil Supas 1995, Seri 3 Hasil SP1980, 1990, 1995, 2000.

BPSJawa Barat Dalam AngkaTahun 1984 sampai dengan 2003.

BPS Jakarta – Indonesia Stistikik Bulanan Indikator Ekonomi.

BPS Jawa Barat, Buletin Statistik Bulanan Indikator Ekonomi.

Djadja Saefullah, 1999, Migrasi dan Perubahan Sosial Budaya, Jurnal Kependudukan Padjadjaran, Vol.1, No. 1.

Didik.Rachbini, dan Hamid, Abdul, 1994, Sektor Informasi Perkotaan, LP3ES.

Donald J. Bogue., Principle of Demography, John Wiley and Sons, Inc. New York, London, Sidney, Toronto, 1973. Priface.Ch.1, 2, 3, 7, 20.

Gilbert, alan, and Josef Gugler, 1996, Urbanisasi dan Kemiskinan di Dunia Ketiga, Terjemahan Anshori dan Juanda, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Hugo, Graeme, J., 1978, Population Mobility in West Java, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sadono Sukirno, 1997, Pengantar Ekonomi MIkro, Edisi Kedua, Grafindo Persada.

Sutyastie Soemitro Remi & Devi Indriyati, 2000, Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Perpindahan Penduduk Ke Daerah Jawa Barat, Jurnal Kependudukan Jawa Barat, Vol. 2, No. 2.

Widarjono, Agus, 1999, Penduduk dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Analisis Kausalitas, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Kajian Ekonomi Negara Berkembang, Vol. 4, No. 2.

Yooce Yustiana, 2003, Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tenaga Kerja Ke Jawa Barat, Seminar Sehar: Prosfek Perekonomian Dan Kewirausahaan Jawa Barat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.