PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA RENCANA PEMBANGUNAN FASILITAS REST AREA DI JALAN TOL CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN (CISUMDAWU)

Authors

  • Arief Irfan Syah Tjaja
  • Nandawati Kurnia
  • Lisye Fitria

Abstract

Transportasi menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat, tapi pembangunan jalan belum merata. Masalah yang kian memuncak adalah kemacetan. Jalan arteri seolah tak mampu menampung banyaknya kendaraan maka dibutuhkan jalan alternatif bebas hambatan atau jalan tol sebagai solusi. Jalan tol tidak terlepas dengan rest area sebagai prasarana yang melayani kebutuhan pengendara selama diperjalanan juga sebagai tempat beristirahat. Rest area dibangun untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Dibutuhkan sebuah rest area yang mampu mengakomodir keinginan dan kebutuhan konsumen melalui fasilitas layanan yang disediakan salah satunya dalam pembangunan rest area di Tol Cisumdawu. Untuk menterjemahkan keinginan dan kebutuhan konsumen akan suatu produk dan jasa, dibutuhkan suatu metode yaitu Quality Function Deployment (QFD) melalui pembentukan House of Quality (HOQ).

References

Cohen, Lou, 1995, Quality Function Deployment: How To Make QFD Work For You, Addison-Wesley Publishing Company, United States of America.

Garvin, David A., 1987, Competing on the Eight Dimensions of Quality, Harvard Buesiness Review.

Parasuraman, A., Zeithaml, Valarie A., dan Berry, Leonard L., 1985, A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research, Journal of Marketing, 49, 41-50.

Ulrich, Karl T., dan Eppinger, Steven D., 2001, Perancangan dan Pengembangan Produk, Terjemahan Nora Azmi dan Iveline Anne Marie, Salemba Teknika, Jakarta.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles