PEMBUATAN ALAT PENSTABIL SUHU PADA MODEM BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535

Authors

  • Denny Rachmat
  • Heni Puspita
  • arya dian dwipanegara

Abstract

Modem merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memberikan akses ataupun koneksi ke jaringan internet. Penggunaan perangkat ini pun sering sekali membutuhkan waktu hingga 24 jam lamanya, sehingga dalam beberapa faktor jika perangkat ini tidak dilakukan perawatan dengan baik, maka akan menyebabkan berbagai macam kerusakan secara permanen. Penyebab utama terjadinya kerusakan pada modem yaitu dikarenakan suhu modem panas, dimana panas ini akan mengganggu berbagai macam komponen-komponen hardware terpenting di dalam modem. Ini merupakan kesalahan fatal yang sering tidak diperhatikan oleh para pengguna, ketika modem sudah mengalami panas yang tinggi dan kemudian  membiarkannya dalam kondisi tersebut untuk jangka waktu yang lama. Beberapa masalah yang ditimbulkan dapat seperti pengurangan kinerja koneksi internet ataupun yang lebih membahayakan lagi terjadinya kerusakan yang berakibat modem tidak dapat lagi digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuat suatu alat penstabil suhu pada modem sederhana yang dapat menunjang rasa nyaman kepada pengguna internet. Alat ini menggunakan mikrokontroler ATMega 8535 sebagai kontrol yang diprogram terlebih dahulu dan dihubungkan dengan komponen lainnya. Cara kerja alat ini cukup sederhana dengan menghubungkan alat dengan jala-jala PLN, kemudian switch pada posisi ON. Fan belum berputar. Ketika sensor mendapatkan suhu modem mencapai >35°C, maka fan akan berputar untuk menstabilkan suhu. Apabila suhu modem sudah < 35°C dengan otomatis fan akan berhenti berputar.  Alat ini dapat menstabilkan suhu modem dan fan bekerja dengan baik, sensor suhu dapat membaca suhu modem dan memberikan informasi panas suhu modem kepada mikrokontroler dengan benar.

References

Arifianto. B. Modul Training Microcontroller For Beginer.MAX-TRON E-book (Online). 2009.

Atmel, DataSheet Microcontoller AT89S51. http://www.atmel.com/Images/doc2487.pdf, (Diakses tanggal 25 Februari 2013). 2008,

Averroes, Fitra Luthfie. Tugas Akhir: Rancang Bangun Robot Pemadam Api Berbasis Mikrokonroler ATMega8535. Diploma III Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret: Surakarta. 2009.

Budiharto,Widodo. “BelajarSendiri:Membuat Robot Cerdasâ€. Jakarta:PT. Elex Media Komputindo. 2006.

Heryanto, Ary, ST., & Adi, Wisnu, Ir,.“Pemograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATMEGA 8535â€. Yogyakarta : Andi. 2008.

Ibnu M, M Unggul J. Aneka proyek Mikrokontroler PIC16F84/A. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2009.

Putra, Agfianto Eko, BELAJAR MIKROKONTROLER AT89C51/52/55 (Teori dan Aplikasi), Penerbit Gava Media, Yogyakarta. 2002.

Soebakti, Hendawan. Pengenalan Code VisionAVR. Politeknik Batam. Batam.2009.

Technical Specifications Modem Huawei HG8245A. 2015.

https://akhdanazizan.com/tombol-tekan-push-button. Diakses 22 Maret 2018

https://id.wikipedia.org/wiki/Kipas_angin. Diakses 22 Maret 2018.

https://id.wikipedia.org/wiki/Modem. Diakses 22 Maret 2018.

https://teknikelektronika.com/pengertian-pcb-printed-circuit-board-jenis-jenis-pcb/. Diakses 22 Maret 2018.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles