PEMBUATAN ALAT PERAGA PEMBANGKIT KODE–MORSE YANG BERFUNGSI SEBAGAI IDENTIFIKASI PANGKALAN UDARA / BANDARA UNTUK PEMANCAR VOR ATAU NDB

Authors

  • Warsito Warsito
  • Heni Puspita

Abstract

Sebagai Navigasi Aids seperti NDB dan VOR Transmitter mengirimkan juga sinyal yang menyatakan identifikasi alat atau Pangkalan Udara/Bandara dalam bentuk kode morse. Pembangkit Kode Morse yang bekerja secara otomatis ini agak sulit untuk dipahami cara bekerjanya. Karena alat–peraganya itu belum ada di Universitas Nurtanio, Penulis tertarik untuk membuatnya dengan memilih judul Tugas Akhir “ Pembuatan Alat Peraga Pembangkit Kode–Morse Yang Berfungsi Sebagai Identifikasi Pangkalan Udara/Bandara Untuk Pemancar VOR Atau NDB.†Dengan tujuan untuk membantu Mahasiswa Universitas Nurtanio pada umumnya dan Program Studi Avionika pada khususnya, untuk mempermudah pemahaman cara kerja NDB, khususnya cara kerja Pembangkit Kode Morse.Setelah mempelajari berbagai teori dasar elektronika dan konsultasi dengan beberapa Dosen yang memahami berbagai peralatan navigasi, akhirnya Penulis memperoleh salah satu rangkaian yang dapat membentuk kode morse secara otomatis dengan pemograman yang menggunakan diode. Agar gerakannya dapat dipantau, diode digantikan dengan LED (Light Emiting Diode).Setelah rangkaian tersebut dirakit, hasilnya cukup menggembirakan, karena akan dapat digunakan sebagai alat–peraga  yang memenuhi kriteria tertentu. Sebagai alat peraga, Pembangkit Kode Morse ini telah memenuhi kriteria yang diperlukan yaitu; dapat diprogram dengan mudah, terbentuk huruf morse dapat dipantau dengan mengamati gerakan LED yang menyala, kecepatannya bisa berubah–ubah, kode morse terbentuk terus menerus secara otomatis, dan portabel karena dicatu dengan baterai 9 Volt berukuran kecil (tipe 6F22). 

References

Aneka IC – CMOS – Sinar Binatronika, Bandung.

Albert, P. Malrino, Ph. D., 1999, Prinsip–Prinsip Elektronika, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

Wasito S, 1985, Kumpulan Data Penting Komponen Elektronika, Multimedia, Jakarta.

Maintenance of Operation Traning Staff United Airlines, 1991, Avionics Fundamentals, United Airlines, San Fransisco.

Thomas K. Eismin, 1989, Aircraft Electricity and Electronics, Fefht Edition, Me Graw – Hill, Ohio.

Ian Moir, Allan Seabridge, 2008, Aircraft System : Mechanical, Electrical, and Avionics Subsystems Integration, Treid Edition, John Wily & Sons Ltd, West Sussex.

Technical Information Center, 1978, Motorola CMOS Integrated Circuits, Motorola Inc / Austin Texas.

Mc MOS Handbook, 1974, Motorola Inc, USA.

R.M. Marston, 1978, 110 Integrated Circuit Projects For the Home Constructor, Butterworth & Co Std, London.

www.wikipedia Indonesia.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles